ARTIKEL MAHASISWA – Women ; After Graduation What Should I do ?

Published by BIDANG MULTIMEDIA HIMAEP UNISBA on

Spread the love

Penulis  Shafira Damayanti (Angkatan 2017)

Kalian para perempuan yang selalu khawatir tentang masa depan atau kalian para perempuan yang masih dikekang oleh stigma atau steorotip masyarakat tentang perempuan, tulisanku saat ini aku dedikasikan untuk para perempuan yang sedang berada diposisi itu atau para perempuan yang nantinya akan mengalami hal itu.

Baik laki-laki atau perempuan sebenernya akan khawatir dengan masa depannya tentang fikiran-fikiran ‘gimana ya aku nanti?’ atau ‘setelah aku lulus kira-kira aku mau ngapain?’ atau ‘kalo aku berkarier apa kata dunia? Adakah yang mau menikah dengan aku?’ sebagian para perempuan pasti khawatir dengan pertanyaan yang ketiga, kenapa? karena stigma dan steorotip tentang perempuan di masyarakat tentang ”perempuan yang memiliki pendidikan tinggi atau memiliki jenjang karier yang baik” terkesan terdengar negatif stigma ini hadir karena pola pikir patriarki di masyarakat yang begitu melekat di bawah alam sadar mereka, hal ini terbentuk karena lingkungan dan budaya seakan-akan bahwa perempuan yang ingin menduduki posisi strategis disuatu perusahaan maka perempuan harus memiliki usaha lebih banyak dibandingkan laki-laki padahal baik perempuan atau laki-laki mereka memiliki kesempatan yang sama, tidak ada yang lebih hebat, lebih superior, lebih menggurui everyone have a same chance!

            After Graduation apapun yang akan kalian lakukan adalah sepenuhnya hak kalian, pilihan apapun yang dihadapkan pada kalian pilihlah pilihan itu sebagai sesuatu yang terbaik untuk diri kita bukan karena kalian memilih itu semata-mata karena tidak ingin dipandang sebelah mata, baik nanti pilihan kita akan jatuh menjadi wanita karier yang memiliki jenjang karier yang bagus atau melanjutkan studi atau menjadi businesswoman yang sukses atau juga menjadi ibu rumah tangga yang baik atau melakukan hal itu secara sekaligus itu semua adalah pilihan tidak boleh ada paksaan. Tidak sedikit perempuan didiskriminasi karena kehebatan yang mereka miliki bahkan beberapa kali aku lihat dengan mata kepalaku sendiri  seorang perempuan karier yang membantu finansial suaminya dilecehkan oleh ibu mertuanya sendiri sungguh miris dan itu terjadi dilingkungan sekitar kita baik kita sadari ataupun tidak itu ada dan real. Tidak sedikit juga perempuan yang memiliki kemampuan yang hebat takut untuk mengembangkannya hanya karena takut tidak mendapat pasangan, bukankah kita sudah diciptakan secara berpasang-pasangan jodoh memang tuhan yang mengatur tetapi mimpi kita biarkan menjadi pilihan kita, jangan pasrahkan mimpi yang kita bangun hancur hanya karena stigma buruk di masyarakat.

Untuk kalian para perempuan yang sedang menempuh pendidikan teruslah bermimpi tentang masa depan yang akan kalian miliki, fikirkan pilihan apa kelak yang akan kalian pilih setelah lulus nanti. Dunia ini terlalu luas jika kalian hanya berfikir tentang stigma masyarakat terhadap kita, entah nanti akan terus melanjutkan pendidikan, menjadi wanita karier, menjadi businesswomen, menjadi ibu rumah tangga, atau melakukan semuanya secara bersamaan itu adalah pilihan terbaik yang kalian lakukan tidak ada yang salah dengan semua itu tentunya dengan tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan. Dan untuk para laki-laki yang tentunya akan menjadi imam sebuah keluarga kalian harus menerima permpuan dengan pilihannya yang kelak akan kalian pilih dengan segala resiko yang ada tentunya, jika kalian memilih untuk bersama perempuan dengan jenjang karier yang baik maka kalian harus menerima bahwa ia tidak bisa dirumah atau jika memilih dengan ibu rumah tangga maka kalian harus menerima bahwa ia tidak bisa membantu secara finansial dan masih banyak lagi,  ini akan aku bahas ditulisan aku selanjutnya hehe

            After Graduation jadi apa yang harus dilakukan? Masih banyak yang harus diexplore, banyak yang bisa dilakukan kalian bebas berekspresi sesuai dengan diri kalian masing-masing, pilihan apapun itu lakukan yang terbaik dan jangan lupa untuk selalu berpegang teguh pada prinsip hidup masing-masing. Ingat pilihan apapun sepenuhnya adalah milik dan hak kita jadi gunakan chance itu secara baik dan penuh pertimbangan yaJ

Itu aja yang bisa aku sampaikan tentang beberapa keraguan di kalangan perempuan semoga sedikit tidaknya bisa tercerahkan ya teman-teman.

Kalian bisa follow ig aku di @shafiraddd_ dan kalian bisa baca tulisan aku yang lainnya di ceritashafiradamayanti.blogspot.com kritik dan saran sangat terbuka, terimakasih telah bersedia membaca sedikit dari karyaku.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *