ARTIKEL MAHASISWA – IPK ATAU ORGANISASI?

Published by BIDANG MULTIMEDIA HIMAEP UNISBA on

Spread the love

Penulis : Septiadi Supriatna (Angkatan 2017)

Pernah ngerasa bingung mau milih jadi mahasiswa yang fokus di akademik/organisasi? Atau sampe sekarang masih bingung? Wkwk gekgek, oke disini saya akan mencoba untuk sedikit mengulas keduanya.

Cerita sedikit mengenai pengalaman saya di bangku pekuliahan, oh iya kenalin saya Septiadi Supriatna dari IE 17. Saat tingkat pertama, saya mendedikasikan hampir semua waktu saya untuk menjadi seorang mahasiswa yang fokus untuk mengejar IPK. Hampir gaada waktu buat main game apalagi buat main sama temen guys, kalaupun kumpul kita pasti banyak ngomongin tentang pelajaran. Singkatnya timeline sehari-hari saya kaya gini daks (beres isya belajar + ngerangkum matkul besok > bangun subuh siap – siap ke kampus karena kebanyakan matkulnya set 7 > kuliah > siang/sore beres matkul ngerjain pr > ngerangkum, rangkuman matkul yang kemarin malem + rangkuman yang di dapetin pas kuliah > baca buku non kuliah > beres isya belajar + ngerangkum lagi buat besok) yaa gitulah hidup saya sewaktu fokus ngejar akademik wkwk, penuh buat ngerangkum dan baca buku, tapi sosial terabaikan daks dan itu yang saya sesalkan. Kalo tujuan kuliah saya cuman IPK itu udah dapet banget, tapi bukan itu yang saya kejar di bangku perkuliahan, saya pun mencoba untuk mencari kehidupan mahasiswa yang lain yakni di organisasi.

Semester 3 pun dimulai, di semester inilah saya mulai masuk organisasi dan lebih banyak tantangan yang harus saya hadapi dari mulai bagi waktu, pemikiran dan masih banyak lagi. Di semester ini tingkat rajinnya kuliah saya menurun, karena satu dan banyak hal termasuk dua hal yang tadi saya sebutkan, serta keterbatasan waktu dan diri saya tentunya. Setelah tingkat 2 selesai saya memutuskan untuk masuk dan fokus di 2 organisasi, menjadi kabid di HMJ dan TM di salah satu UKM. Akademik dengan perlahan mulai saya kesampingkan meski tidak sepenuhnya karena saya pun butuh ilmu itu, dan puncaknya di semester 5 daks, ada beberapa matkul yang nilainya E sampe akhirnya yang saya rasakan pandangan dosen dan teman-teman  pun berubah.

Saya tidak terlalu mempermasalahkan itu karena saya yang tau banget tujuan saya, baik itu tujuan kuliah ataupun tujuan 3,4,5 tahun kedepan mau kaya gimana, dan itu yang menjadi patokan saya harus gerak ke arah mana ataupun harus ngelakuin apa. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih masih ada dosen dan teman – teman yang tetep ngasih perhatian atau pandangan-pandangan mereka terkait perkuliahan saya. Dengan lebih fokus ke organisasi dibandingkan perkuliahan, saya bisa mendapatkan tujuan kuliah saya yakni relasi, pengembangan diri, pola pikir, dan karakter yang pastinya sangat menunjang ketika nanti setelah lulus saya akan menjadi seorang pengusaha. Aamiinkeun daks hehe.

Itulah sedikit cerita yang saya alami dan rasakan dari awal masuk kuliah sampai saat ini. Kenapa saya lebih memilih fokus di organisasi? Karena bagi saya lebih menunjang terhadap tujuan yang akan saya capai. JADI PERTANYAANNYA, LEBIH PENTING IPK ATAU ORGANISASI? Jawabannya adalah TERGANTUNG TUJUAN KULIAH kita guys, gaada yang salah kalo kita milih buat fokus di akademik ataupun di organisasi, asalkan punya tujuan dan prinsip serta tidak termakan omongan orang lain yang negative, apalagi kalo sampe cuman ikut – ikutan aduhh kalo udah jadi mahasiswa bukan pengikut guys! Kalo misalnya kalian mau fokus ngejar disiplin ilmu dan punya tujuan buat dapet beasiswa di luar negeri ya fokus di bangku perkuliahan kuncinya, dalam kasus ini IPK penting karena rata-rata ada standarisasi IPK buat kita kuliah keluar negeri. Jangan lupain juga hal-hal yang menunjang buat tes-tes lain kaya TOEFL, GRE, GMAT, dll.

KESIMPULANNYA……

     IPK ATAU ORGANISASI? Jawabannya, TERGANTUNG TUJUAN KULIAH ANDA. Banyakin ngobrol sama orang-orang yang lebih berpengalaman, atau mungkin konsultasi sama dosen dan yang terpenting JANGAN JADI PENGIKUT, karena bangku perkuliahan itu akan sangat memengaruhi akan jadi apa kita nantinya. Jangan pula kita memukul rata dengan pandangan-pandangan negative terhadap orang yang fokus ke kuliah atau organisasi, Karena kita tidak bisa menggeneralisasikan tujuan dan permasalahan hidup yang dijalankan oleh tiap orangnya. Contohnya statement kaya orang yang mengejar IPK adalah orang yang egois karna tidak memikirkan sosial, banyak juga kok orang-orang yang IPK nya bagus, empati dan sosialisasi nya pun bagus. Atau orang-orang yang ada di organisasi itu orangnya pemalas dan masa depannya suram, oww tidak jugaa guys karna dari yang saya rasakan pun saya lebih produktif saat berorganisasi dibandingkan fokus kuliah doang. Terkait masa depan banyak banget juga orang yang sukses setelah kuliah dengan modal organisasi. Tentunya mereka yang sukses lewat jalan akademik ataupun organisasi adalah orang-orang yang punya tujuan dan prinsip hidup.

Okeyy mungkin cukup segitu tulisan saya, buat kalian yang udah punya tujuan, mantepin lagi bro! dan buat yang masih nyari semoga ketemu deh tujuannya dan good luck buat kita. Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat yap!!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *